Jajanan Malam Warung Pak Kribo

Sebagai salah satu daerah istimewa yang memiliki banyak tujuan wisata, Yogyakarta memiliki banyak referensi tempat makan yang harus dikunjungi. Berada di wilayah Sleman utara, ada olahan kambing di Warung Tengkleng Pak Kribo. Terletak di sebuah emperan toko yang berada di Pasar Pakem jalan Kaliurang km 18, Pakem Sleman Yogyakarta.

Wisata kuliner malam ini buka mulai jam 17.00, dan tutup dengan jam yang tidak tentu karena hanya akan tutup jika dagangannya sudah habis. Setiap sore sampai malam hari, Pak Kribo menjajakan tiga masakan yang berbahan dasar daging kambing seperti tengkleng, tongseng, dan gulai. Pak Kribo berjualan sejak 27 tahun silam. Pria berusia 56 tahun tersebut mampu bertahan sekian lama dalam menjual makanan dengan bahan dasar daging kambing ini karena ia selalu mempertahankan kualitas masakannya.

Tongseng hasil olahan Pak Kribo memiliki kuah yang kental dan aroma rempah yang kuat. Rasa kuah yang kental akan kaldu, serta daging kambingnya pun sangat empuk. Hal ini dikarenakan Pak Kribo menggunakan kambing yang masih berusia 8 bulan hingga satu tahun. Kambing muda sangat cocok untuk diolah menjadi gulai atau tongseng, karena jika dimasak dengan waktu tertentu akan mudah melepas daging yang menempel pada tulang.

Pak Kribo berjualan dengan tidak menggunakan kompor pada umumnya, melainkan arang. Teknik memasak menggunakan arang ini memberikan aroma yang khas untuk masakannya. Dalam sehari, pak Kribo mampu menyembelih dua ekor kambing untuk menjual tiga olahan tersebut. Namun beliau tidak menjual sate, seperti lumrahnya warung yang menjual olahan daging kambing.

Bapak empat anak ini sengaja tidak memasukkan sate ke daftar menunya karena dirasa akan membuang waktu cukup lama untuk prosesnya. Warung pak Kribo jarang sepi pengunjung, dan beliau tidak mau membuka cabang untuk warungnya. Bahakan pak kribo memasak sendiri untuk menjaga cita rasa yang tetap terjaga dari dulu hingga sekarang.

Beberapa ciri khas yang dalu dulu hingga sekarang adalah menggunakan angkring untuk tempat jualannya, berpakaian rapi, mengenakan kemeja lengan panjang, serta memakai sepatu. Harga perporsi tengkleng hanya dibandrol dengan harga Rp 20.000, sementara tongseng Rp 25.000 untuk satu porsinya. Harga tersebut.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *