Ketrampilan Sang Peracik Minuman, Bartender

Bartender (Pramutama Bar) adalah orang yang meracik dan menyajikan minuman beralkohol untuk tamu di konter bar. Biasanya minuman yang disajikan seperti koktail, anggur, likeur, dan bir dengan melakukan sebuah atraksi disuatu pub, tavern, dan klub malam. Bartender harus mampu menyiapkan minuman koktail klasik seperti Cosmopolitan, Manhattan, Old Fashioned dan Mojito. Minuman tersebut merupakan minuman yang menjadi orderan paten para tamu yang tidak ingin merasakan kepala enteng saat pulang dari bar, atau tempat minum.

Biasanya seorang bartender juga perlu memastikan tamu yang akan memesan minuman, apakah sudah cukup umur secara aturan mengkonsumsi muinuman beralkohol. Beberapa tamu yang datang menginginkan minuman yang mampu membuatnya sedikit melayang. Namun bartender mempunyai tugas untuk menolak tamu dan menjaga tamu agar tetap dalam kondisi sadar (tidak mabuk). Hal ini merupakan SOP dari salah satu perusahaan tempat hiburan malam untuk para bartender, untuk tidak membiarkan para tamu terlalu banyak minum minuman beralkohol.

Penampilan seorang bartender di suatu bar juga dituntut untuk selalu rapi dan sesuai dengan suasana bar tempat ia bekerja. Di bar ukuran kecil seperti travern, bartender harus bisa menjadi seorang pengamat, penghibur, sekaligus pendengar yang baik dalam keluhan dan percakapan para tamu. Selain itu juga diharapkan untuk dapat mengingat minuman favorit pelanggan bar, dan menyarankan minuman yang sesuai untuk tamunya.

Lepas dari soal pelayanan minuman, bartender bar bertanggung jawab penuh untuk mengelola pasokan minuman, investasi barang, mencuci gelas minuman, serta membersihkan peralatan yang berada di sekitar bar. Di beberapa negara yang mengenal uang tip, bartender hanya menerima upah minuman. Ia juga harus menyiapkan es dan garnis minuman untuk mempercantik tampilan minuman yang akan disajikan. Untuk soal pendapatan sampingan, tergantung pada uang tip yang diperoleh dari tamu.

Pekerjaan seorang bartender tak jauh dari lakon dunia malam. Pada dasarnya, seorang bartender bar hanya bekerja saat Matahari mulai turun. Ini salah satu pekerjaan yang tak lepas dari kerasnya kehidupan malam di tempat hiburan malam. Terkadang ada beberapa wanita yang meminta sang bartender untuk melakukan aksi jugling. Hal ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi seluruh tamu bar, khususnya para wanita yang menyukai aksi ini.