Mencoba Wisata Malam Yang Menegangkan

Safari Night atau wahana Safari Malam merupakan wisata malam dengan berpetualang menggunakan mobil yang didesain terbuka dan hanya tertutup besi, sebagai pengaman para pengunjung saat melintas di blok binatang buas

Taman Safari Indonesia Bogor, adalah sebuah kebun binatang dengan Safari Night atau wahana Safari Malam. Disini merupakan tempat berpetualang bersama puluhan binatang, mulai dari yang jinak sampai binatang buas di malam hari. Suasana tegang inilah yang coba disajikan untuk para wisatawan yang hadir ke tempat ini.

Wisata malam Safari buka mulai jam 18.30 WIB. Berlokasi di Cisarua Bogor, tepatnya Jalan Raya Puncak 61 Cisarua sekitar 14 kilometer sebelum Puncak jika dari tol Ciawi. Usai membeli tiket, pengunjung akan dijemput oleh shuttle bus dari parkiran kendaraan pribadi menuju ke jalan awal petualangan.

Bus tersebut bukanlah bus yang akan digunakan untuk bertualang ditempat ini, karena petualangan malam akan menggunakan kereta wisata terbuka yang berisi 60 pengunjung lainnya dalam sekali pemberangkatan. Setelah nomor pengunjung dipanggil untuk menaiki kereta tersebut, mulailah rasa penasaran campur tegang akan muncul dibenak para pengunjung.

Ini merupakan hal yang wajar, karena di siang hari yang terang, wisatawan menggunakan mobil atau bus tertutup. Sementara waktu malam hari, pawa pengungjung akan diajak oleh petugas Taman Safari dengan menggunakan kereta terbuka sebagai alat untuk berpetualang untuk memnyaksikan hewan-hewan buas yang ada di sini.

Pemandu wisata yang ada di kereta akan memberi tahukan yang harus dilakukan oleh wisatawan, selama didalam kereta tersebut. Petugas Taman Safari akan menjelaskan rute yang akan dilewati. Karena pengunjung akan diajak untuk melewati, bahkan melihat binatang dari jarak yang hanya terbatas oleh besi kereta. Mulai dari zona binatang yang menyenangkan, hingga yang menegangkan.

Secara keseluruhan, Safari Night mempunyai konsep yang sama dengan atraksi wisata safari di pagi atau siang hari. Akan tetapi, yang menarik yakni pengunjung akan melihat perbedaan beberapa tingkah laku binatang yang aktif di malam hari seperti burung hantu, dan kelelawar, dan masih banyak binatang nokturnal lainnya.

Tidak hanya itu, pemandu juga akan menjelaskan beberapa perbedaan lainnya antara wisata malam dan siang. Peraturan yang akan disampaikan antara lain, pengunjung dilarang turun untuk memberi makan hewan, selanjutnya bagi yang suka berfoto dilarang mengambil gambar menggunakan flash (lampu kilat) karena akan berdampak negatif. Cahaya terang dimalam hari akan membuat binatang merasa terganggu, stres, hingga mengamuk.

Ada beberapa jalur yang memang sengaja tidak dilewati saat Safari Siang, tapi dilewati saat Safari malam. Begitu sebaliknya. Namun pada dasarnya, panjang perjalanan Safari malam tidak sepanjang saat safari siang.

Pemandu akan menjelaskan asal, perilaku, dan makanannya ketika kereta memasuki kawasan binatang tersebut. Setelah bertualang, pengunjung bisa berfoto dengan beberapa hewan yang dapat langsung kita sentuh. Usai bertualang, pengunjung akan diarahkan menuju lokasi panggung untuk menyaksikan pertunjukan binatang yang sudah dilatih.

Selesai menyaksikan pertunjukan, penunjung dapat menikmati tarian sebagai penutupan yang atraktif. Puluhan penari yang sudah profesional akan menari dengan menggunakan api. wisatawan akan diminta untuk menjaga jarak agar tidak terkena cipratan api. Fire Dance tidak dimainkan pada siang hari, karena akan terlihat indah ketika disaksikan pada malam hari.