Pesona Wisata Malam Sunan Kuning

Sunak Kuning (SK) adalah salah satu tempat lokalisasi yang terletak di Semarang Jawa Tengah. Tempatnya tidak begitu besar seperti Doly Surabaya (lokalisasi), namun pesona Pekerja Seksual Komersialnya (PSK) tak kalah menarik dari tempat lokalisasi yang ada di beberpa kota di Indonesia. Para PSK yang ada di SK kebanyakan bukan penduduk asli dari Semarang, melainkan dari luar kota Semarang seperti Kudus, Jepara, Bandung, Demak, Kendal dan kota wilayah Jawa Tengah.

Jika kita perhatikan, sebenarnya SK merupakan singkatan nama tokoh agama Islam yakni Sunan Kuning. Beliau di makamkan di lingkupan tersebut. Entah dari mana dan siapa yang membuat tempat prostitusi itu berdiri, yang jelas tempat ini akan ditutup saat datang waktu peziarah. Jika orang yang belum pernah tau bahwwa itu tempat lokalisasi, siang hari SK tampak biasa saja seperti desa-desa yang lainnya. Hanya terlihat pamplet sponsor serta beberapa tulisan karaoke yang digambar di dinding depan rumah.

Suasana di siang hari sangat sepi, karena beberapa dari PSK lebih memilih untuk kos sendiri. Dan banyak juga yang tinggal di sana karena mereka masih baru. Namun pada saat malam tiba, SK akan sangat ramai dengan wanita-wanita berlipstik tebal, tersenyum manja, dan sapaan yang menarik perhatian. Para wanita tersebut akan menawarkan kepada para lelaki yang melintas untuk karaoke, hingga mengajaknya “bobok”. Tak jarang para Mahasiswa dan anak SMA yang datang ke tempat ini.

Beberapa warung di setiap gang juga menyediakan minuman-minuman beralkohol. Serta ada juga yang akan menawarkan wanita untuk kencan dimalam itu. SK merupakan tempat lokalisasi yang sudah di resmikan oleh Pemerintah setempat sebagai tempat wisata malam Jawa Tengah. Meskipun bukan lokalisasi besar, SK juga ada sesi keamanan yang bertugas untuk menetralisir keributan di area ini. Mengingat keruhnya dunia malam di tempat prostitusi, pastinya tak jauh dari keributan atau kekerasan fisik.

Para wanita yang memperkerjakan diri sebagai PSK kini lebih di dominasi oleh wanita-wanita muda. Hal tersebut membuat para PSK senior memilih untuk mangkal di sepanjang jalan Kali Banteng sebelah area SK tersebut. Kehidupan malam di SK Semarang sepertinya tak pernah padam. Pasalnya selain SK, ada beberapa tempat wisata malam club malam yang memang teletak di area Semarang Seper E-Plaza, Baby Face, 123, dan Liquid.