Semenanjung Kecil Tuk-tuk Siadong

Ada satu semenanjung yang mengundang perhatian. Terletak di sebelah timur Pulau Samosir, semenanjung kecil tersebut berada diantara Desa Tombok dan Desa Ambarita yang bernama Tuk-tuk Siadong. Kondisi jalan ke arah tempat wisata yang satu ini memang belum begitu diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Kurangnya sarana angkutan publik yang menuju ke Tuk-tuk Siadong, membuat para wisatawan yang ingin berkunjung harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang disediakan di sekitar Kabupten Samosir.

Tuk-tuk Siadong terkenal akan keturisannya, dimana tempat wisata ini memiliki suasana yang hampir menyerupai salah satu tempat wisata tersohor yang ada di Bali. Anda harus melewati perbukitan dan sawah-sawah untuk sampai ditempat ini.

Di Kabupten Samosir sendiri, aktifitas penduduk setempat akan menurun selepas matahari terbenam. Sementara di Tuk-tuk Siadong cenderung hampir 24 jam masih sangat ramai dengan kesibukannya, bahkan saat tengah malam sekalipun.

Mengingat tingginya aktifitas di tempat ini, para pengunjung tidak akan bingung jikalau ingin menikmati makan malam di tempat wisata yang satu ini. Banyak sekali warung-warung makan yang tersebar di beberapa sudut Tuk-tuk Siadong.

Ini merupakan salah satu rasa dan konsekuensi kawasan internasional di Tanah Samosir yang menyediakan beberapa tempat penginapan, dan tempat makan dengan harga yang mengikuti standard turis mancanegara. Selain itu, penduduk lokal, terutama pegawai hotel yang ada di tempat ini sangat fasih berbahasa inggris.

Sepanjang 4 km, semenanjung kecil ini dilengkapi dengan warnet, warung kelontong, toko souvenir, hingga diskotik yang disediakan untuk para wisatawan yang berkunjung ditempat ini. Mengingat tempat wisata ini jauh dari kota Samosir, Tuk-tuk Siadong juga menyediakan puskesmas, pos polisi, serta gereja.

Tuk-tuk Siadong sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat liburan tiba. Karena makanan yang disediakan disini tidak semuanya berbahan dasar daging babi. Karena banyak juga restoran atau warung makan di sekitar yang berlabel halal.

Tempat ini sangat komplit dengan segala fasilitas demi melengkapi kebutuhan para wisatawan, dan itu merupakan salah satu upaya untuk menarik wisatawan untuk datang Tuk-tuk Siadong.